Minggu, 21 Agustus 2016

Memasak Sup Sederhana

Memasak Sup Sederhana

Entah bagaimana akhir-akhir ini saya suka berkutat di dapur hihihi dan saya rasa sekarang saya punya hobi baru yaitu memasak. Tetapi jangan kira jika saya pintar memasak yaa karena saya baru bisa memasak belum lama ini setelah saya in the kost sewaktu sekolah hahaha. Kalau memasak oseng-oseng atau tumis saya sudah lumayan bisa dari dulu tapi kalau untuk sayur sup, sayur santan saya masih tahap belajar bersama Ibu saya. Setidaknya sekarang saya sudah bisa membuat makanan yang layak untuk di makan manusia hahaha cukup curcol nya yaa. Hari ini saya baru saja selesai memasak sup, tetapi bahan-bahan yang saya temukan di dapur cuma seadanya saja, wortel, kubis dan seledri saja.
* pertama masak air di dalam panci secukupnya sampai mendidih.
* (disini saya hanya menggunakan bahan Kubis dan Wortel saja untuk sayur) potong kecil-kecil seledri 1 atau 2 batang, kupas kulit wortel dan potong bulat-bulat tipis tapi tidak terlalu tipis. Potong kubis juga, lalu cuci kubis, seledri dan wortel yang telah di iris bulat tadi hingga bersih.
* untuk membuat bumbu yang di haluskan / di uleg: kupas 2 siung bawang putih, kupas 1 siung bawang merah, lalu cuci, setelah di cuci bersih haluskan/uleg bersama merica, garam secukupnya, gula pasir sedikit saja.
* untuk bumbu pelengkap yaitu saya menambahkan bawang goreng supaya rasa sup nya bertambah sedap, kupas bawang merah secukupnya, cuci, iris tipis-tipis lalu goreng/tumis dengan api kecil, jangan sampai gosong yaa.
* setelah air yang di masak tadi mendidih, segera masukkan wortel, kubis dan seledri tadi yang sudah di cuci bersih, diamkan sebentar.
* masukkan bumbu yang sudah di haluskan tadi ke dalam panci bersama sayuran yang sudah terlebih dahulu di masukkan tadi.
* diamkan dan tambah volume api, biarkan sampai wortel dan kubis nya empuk.
* tambahkan bumbu pelengkap jika ada. (disini saya tambahkan gula merah/jawa untuk menambah cita rasanya, resep dari ibuk hihi)
* setelah dirasa matang, matikan api kompor, angkat panci, lalu sup sederhana sudah siap di hidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar